Latest Games :

Play Station

Home » » BERMAIN DRUM ,,CARA GUA

BERMAIN DRUM ,,CARA GUA

Selasa, 05 Oktober 2010 | 0 komentar

Set drum yang baik untuk pemula

 

Banyak masalah yang sering dihadapi para pemula untuk set drum mereka, kesalahan yang paling fatal adalah mereka selalu setting drum mengukuti keingin mereka.

Pengaruhnya apabila kita setting drum tidak mengukuti aturannya maka qta yang akan mendapat kesulitan dalam memainkan drum tersebut, sehingga performance qta menjadi tidak baik dan sangat berpengaruh terhadap lagu yang kita iringi saat bermain drum.

Set drum yang tidak nyaman juga akan menyakiti tubuh kita, pada bagian punggung kita akan menjadi bungkuk dan tangan akan menjadi cepat lelah karena set drum yang tidak baik. Dan karena set drum yang tidak bagus itu bisa mempengaruhi permainan drum kamu sehingga kamu tidak akan berkembang dalam teknik bermain drum tapi apabila drum sudah di setting dengan benar, drum itu akan terlihat baik dan dan membantu perkembangan kamu bermain drum.

Posisi drum yang bagus adalah, hihat jangan terlalu tinggi, agak rendah tapi juga jangan terlalu rendah dan tom-tom harus berdekatan juga sehingga tidak terlalu jauh jaraknya, tempat duduk juga jangan terlalu rendah ..itu bisa mempengaruhi posisi tubuh kamu saat bermain drum.
Tom-tom yang berjauhan jaraknya akan mengakibatkan kita susah untuk melakukan roll yang cepat dan Snare drum yang terlalu rendah dan miring sehingga juga tidak memungkinkan untuk memainkan rimshot. Floor tom-tom terlalu miring dan rendah sulit untuk di akses. Dan cymbal hihat terlalu tinggi mengakibatkan ‘playing area’ sangatlah terbatas, hanya pinggirnya saja yang mudah diakses.

Persiapan sebelum belajar bermain drum

Beberapa persiapan yang harus anda baca sebelum berlatih... semoga sukses
  1. TIdak perlu tegang dan selalu berpikir bahwa belajar drum adalah hobi dan bukan sesuatu pekerjaan yang dipaksakan untuk kita pelajari.
  2. Belilah stik drum sendiri untuk dipakai latihan, dan jangan memakai stick drum teman karena anda harus terbiasa menggunakan stick drum sendri.
  3. Belilah Metronome, metronome adalah alat yang sanat penting untuk belajar bermain drum, karena untuk bisa mempertahankan tempo dari musik yang akan dimainkan.
  4. Sebelum latihan dengar beberapa lagu untuk merangsang kepekaan telinga anda mendengarkan ketukan lagu.
  5. Pakailah sepatu untuk berlatih.
  6. Jangan dulu memakai berbagai aksesoris ditangan anda sebab itu dapat membuat ketidaknyamanan dalam belajar, karena anda masih dalam tahap belajar.
  7. Guntinglah kuku anda, karena bisa melukai telapak tangan dan membuat ketidaknyamanan saat belajar bermain drum.
  8. Selalu percaya diri dan ingat semua pemain drum yang terkenal memulainya dari latihan dan latihan secara terus menerus.

Cara Memainkan Bass drum dan Hi-hat

Bass Drum
Cara memainkannya adalah dengan mnginjak pedal dengan kaki kanan. Ingat, posisi duduk badan harus tegak saat nemainkannya dan berada dekat dengan bass drum, sehingga kamu bisa lebih keras saat menginjaknya, padal diinjak ke bawah bukan ke depan.
Ada 2 cara memainkan bass drum, yaitu
1.Heel Down
2.Heel Up

Dengan cara heel down, Kedua posisi kaki tersebut dapat dilakukan sesuai dengan aliran lagu dan sesuai dengan selera pemain drum. Apabila kamu seorang pemain jazz, maka Heel Down merupakan pilihan yang tepat, tetapi jika kamu pemain rock, metal, punk dan lain-lain maka Heel Up diperlukan untuk menciptakan Groove yang lebih solid karena kecepatan dan kekuatan kaki akan bertambah.
Heel Down sangat mengandalkan pergelangan kaki untuk memukul, jadi kamu jangan dengan posisi ini kita tidak akan mendapatkan pukulan yang keras.
Heel Up menggunakan ujung kaki untuk menginjak pedal sehingga semua tenaga dapat dikeluarkan untuk mendapatkan kecepatan yang lebih dan pukulan yang lebih keras, posisi kaki dimundurkan sehingga pada saat menginjak pedal kaki tidak boleh ditahan tapi langsung di lepas kembali maka pedal akan kembali pada posisi semula dan kamu tinggal menginjak lagi untuk memukul bass drum tersebut.

Hi-hat
Hihat digunakan sebagai alternatif simbal ride dan dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda, yaitu tertutup, terbuka dan setengah terbuka (sloshy), dengan menggunakan stik drum atau ditutup dengan pedal kaki.

Hi-hat Tertutup
Dengan menggunakan kaki kiri untk menginjak pedal sampai hi-hat tertutup rapat, kemudian pukul hi-hat dengan stik yang kamu pegang.

Hi-hat Terbuka
Caranya yaitu dengan mengangkat kaki kirimu dari pedal hi-hat, tepat sebelum kamu memukul simbal dengan stik. Jangan memukul pada saat simbal dalam keadaan benar-benar terbuka, dengan demikian kedua simbal akan saling bersentuhan dan akan menghasilkan suara berdesis ketika terbuka.

Rediments

Sunday, May 10, 2009 Pengetahuan dasar dalam teknik bermain drum adalah Rediments. Pengetahuan yang sangat penting, kemampuan untuk memainkannya secara mengalir pada tempo manapun secara refleks, yang akan membuat pemain drum lebih baik dengan mengabaikan gaya musik apapun yang sedang dimainkan.

Masing-masing mempengaruhi pukulan. Dalam beberapa hal pukulan yang saling bertentangan dan berulang-ulang diperlukan. Untuk itu anda bisa menggunakan drum pad atau drum tunggal, mulailah secara pelan-pelan dan bangun kecepatan, kekuatan pukulan, kemudian kembalilah melambat. Lakukan hal ini berulang-ulang. Pakailah metronome untuk membantu anda saat mempraktekkannya (sangat direkomendasikan).

Ketika kamu sudah mencapai kemampuan dengan masing-masing pola pada drum tunggal diatas, mulailah untuk mengembangkan penggunaan drum set sebenarnya, praktekkan variasi beberapa pukulan drum.

NARD REDIMENTS

Ada 26 dasar rediments yang menjadi rediment dasar dari drummer oleh The National Association of Rudimental Drummers (NARD). Dari tahun ke tahun rediments ini telah dikembangkan dari yang asli 26. dasar ini dikenal sebagai Percussive Arts Society International Drum Rudiments.

TEKNIK MEMEGANG STICK DRUM

Ada 2 cara untuk memegang stick:
1. Matched grip
Teknik memegang stick Matched grip dibagi menjadi 2 cara juga yaitu:
  1. Tangan tertutup atau closed hand dimana pukulan sangat mengandalkan lengan dan pergelangan tangan sehingga pukulan juga kaku dan mngakibatkan tangan menjadi lebih cepat lelah
  2. Tangan terbuka atau open hand, dimana ibu jari dan telunjuk yang digunakan untuk menjepit stick, sedangkan ketiga jari lainnya berfungsi untuk mendorong stick. Ketika stick yang didorong menyentuh drumhead, maka secara otomatis stick akan memantul kembali, gunakan pantulan itu untuk membuat pukulan berikutnya. Lakukan secara berulang-ulang.

2. Traditional grip
Perbedaannya pada tangan kiri, dimana stick dijepit pada ibu jari dan ditaruh diantara jari tengah dan jari manis. Ibu jari yang berperan untuk mendorong stick drum. Sedangkan untuk tangan kanan cara pemegangannya tidak ada perbedaan, traditional grip memang lebih sulit untuk dilakukan daripada matched grip karena untuk mengontrol tangan kiri lebih susah.
Awal Dari Traditional grip
Traditional merupakan cara memegang stik yang paling pertama digunakan, dimulai dari tahun 1600. traditional grip diperlukan untuk keperluan drummer marching band pada saat itu dimana mereka menaruh snare drum dengan cara mengikatnya. Dan talinya dilingkarkan ke bahu sehingga posisi snare drum miring ke arah kanan. Karena posisinya miring ke arah kanan, maka tangan kiri memakai grip yang berbeda dengan tangan kanannya karena untuk meraih snare drum tersebut. Tangan kiri memegang stick ditaruh diantara 2 pasang jaridan dijepitkan di ibu jari.
Tahun 1840 drumset baru ditemukan (snare, bass, dan tom-tom) dimana tiga drum dimainkan dengan satu orang. Karena traditional grip merupakan kebiasaan turun-temurun yang berawal dari marching band maka traditional grip digunakan pada drumset.
 

5 tips penting belajar drum dari saya


1. Latihlah single-stroke setiap hari dengan rata-rata dua jam per hari itu akan membantu anda untuk bisa menjadi seorang profesional drummer yang meiliki teknik bermain drum dengan speed dan power yang baik.
2. Jika Anda ingin memiliki seluruh pelajaran diulang, bahkan beberapa kali di atas, sehingga Anda merasa yakin 100% bahwa Anda telah menguasai keahlian tertentu, kemudian anda juga bisa belajar drum melalui internet yang saat ini sudah banyak disediakan.
3. Jika Anda adalah seorang super ambisius drum yang berkomitmen untuk menjadi seorang profesional drummer, dan Anda ingin belajar dan praktek sangat sering maju dan cepat, Anda pasti GREAT calon yang mendaftar ke dalam pelajaran internet. Bahkan, jika anda ingin belajar jenis pelajaran drum tertentu, pelajaran tradisional yang cenderung terus anda kembali di jalan besar.
4. Jika Anda ingin belajar menggunakan berbagai format, seperti grafis, audio, animasi, dan live demo, drum pelajaran drum di internet sudah menyediakannya.
5. Ingat jika anda belajar drum melalui internet anda tidak akan menghabiskan uang yang banyak. Tapi mendapatkan kualitas yang baik.

Saya berharap hal ini telah menjawab pertanyaan Anda tentang belajar drum melalui internet. Ini adalah bagaimana saya mengambil pelajaran dan saya tidak akan pernah bahkan mempertimbangkan untuk belajar dengna cara tradisonal lagi.




 


 
 
 
 
 
 
 
 

 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Rofifah Zuhriyah - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template